Bahan dan Cara Pembuatan Nasi Jagung Instan

Bahan dan Cara Pembuatan Nasi Jagung Instan

Bahan dan cara pembuatan nasi jagung instan, cara membuat nasi jagung instan, cara pembuatan beras jagung instan, cara membuat beras nasi jagung instan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan nasi jagung tidak lain tidak bukan adalah jagung pipil yang sudah lepas dari janggelnya. Dipilih jagung yang sudah tua dan siap diambil sari patinya. Jika jagung dalam keadaan muda, maka tidak bisa diolah menjadi nasi jagung, karena jagung muda cenderung mempunyai texture yang lembek dan akan jemek jika digiling atau ditumpu, makanya yang paling cocok adalah jagung yang sudah tua.

Dalam pembahasan bahan dan cara pembuatan nasi jagung instan pertama kali yang harus dilakukan adalah menggiling atau menumpu jagung tersebut sampai kira-kira sebesar beras. Setelah itu jagung direndam dalam air bersih selama kurang lebih sehari semalam atau sekitar 24 jam. Hal ini bertujuan agar air meresap kedalam biji jagung dan jagung mudah dihancurkan.

Cara membuat nasi jagung instan ini selalu dimulai dengan cara pembuatan beras jagung instan atau cara membuat beras nasi jagung instan karena sebelum menjadi nasi, jagung terlebih dahulu diproses menjadi beras jagung yang masih mentah. Apakah bedanya nasi jagung dengan beras jagung? Perbedaannya, kalau beras jagung adalah jagung berasan yang masih mentah yang hanya masih mengalami proses penggilingan dan sudah sikit terpisah dengan jenjet, namun untuk menjadi nasi jagung jenjet masih harus dibersihkan lagi. Sedangkan nasi jagung adalah jagung yang sudah matang, sudah siap disantap disandingkan dengan lauk yang cocok. Berbeda lagi dengan nasi jagung instan, yaitu nasi jagung yang sudah mengalami pengeringan yang fungsinya untuk konsumsi jangka panjang. Nasi jagung instan bisa bertahan sampai setahun bahkan lebih, namun untuk amannya batas paling lama setahun aja.

cara membuat nasi jagung instan

Proses: haluskan jagung sampai halus, kemudian pisahkan antara jenjet dan saripati jagung, kemudian rendam lagi selama sehari semalam, dan giling lagi sampai halus dan jenjet sudah benar-benar hilang, kemudian masak sampai matang, jika sudah matang siap disantap menggunakan lauk rempeyek dan ikan asin.

Demikian artikel dari kami, mudah-mudahan bermanfaat, amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *