Cara Mudah Bikin Nasi Jagung, Tidak Pakai Ribet dan Hasil Pasti Enak

cara mudah bikin nasi jagungNasi jagung merupakan salah satu jenis kuliner favorit di beberapa kota di Indonesia. Masakan semacam ini selalu berhasil mengingatkan jaman dulu. Ya, nasi jagung identik dengan masakan tradisional yang disajikan pada zaman dahulu, tapi tetap masih enak dinikmati pada saat ini. Namun sayangnya semakin sedikit orang yang mau membuat nasi jagung. Begitupun dengan warung makan yang juga jarang menyediakannya. Tapi tenang, buat Anda yang mau bernostalgia menyantap nikmatnya nasi jagung bisa mengikuti langkah dan cara mudah bikin nasi jagung berikut ini.

Cara Mudah Bikin Nasi Jagung

Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat, sehingga banyak dijadikan sebagai makanan pokok. Khususnya di daerah tandus ataupun pegunungan yang minim lahan persawahan, jagung menjadi kebutuhan pokok untuk konsumsi dengan diolah menjadi nasi jagung. Buat Anda yang ingin mencicipi kuliner tradisional nusantara satu ini, berikut ini langkah dan cara mudah bikin nasi jagung yang bisa Anda praktekkan di rumah.

  1. Bahan

Hal yang pertama perlu disediakan untuk mengolah jagung menjadi nasi adalah tentu dengan menyediakan bahan-bahannya terlebih dahulu. Adapun bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat nasi jagung sangat simpel, yaitu jagung saja. Jagung-jagung yang telah Anda persiapkan kemudian dipipil menjadi biji jagung. Dipipil artinya jagung tersebut dilepas dari janggelnya.

Nah, biji jagung ini perlu dikeringkan terlebih dahulu. Ingat, biji jagung yang siap untuk diolah menjadi nasi jagung adalah biji jagung yang sudah kuning dan sudah dikeringkan. Sementara jika Anda baru saja memetik dari sawah, jagung masih terbungkus klobot dan masih menempel pada janggel. Jagung dalam kondisi seperti ini belum layak untuk diolah menjadi nasi atau beras jagung.

  1. Alat

Meskipun mudah dibuat, namun mengolah jagung menjadi nasi membutuhkan alat-alat. Adapun alat-alat yang digunakan adalah sebagai berikut ini;

  • Mesin giling

Untuk membuat nasi jagung dibutuhkan mesin giling. Namun bagi Anda yang mau membuatnya sendiri di rumah, tidak perlu ataupun harus memiliki mesin giling sendiri. Anda bisa mencari jasa mesin giling beras yang biasanya banyak ditemukan di pasar-pasar, khususnya pasar tradisional. Umumnya, mesin giling ini selain dapat menghaluskan jagung juga dapat menghaluskan aneka bahan makanan seperti beras, kacang, dan kopi. Biaya sangat murah yaitu sekitar Rp 2000 saja.

  • Kukusan atau panci

Kukusan atau panci ini memiliki karakteristik yang mudah dikenali, yaitu pada bagian tengahnya terdapat pemisah seperti lubang. Fungsi dari pemisah tersebut adalah untuk meniriskan air yang terkandung di dalam jagung yang telah diberi air. Karena tentunya dalam memasak jagung menjadi nasi perlu ditambahkan air terlebih dahulu. Baru setelah itu, diletakkan di atas lubang pemisah tersebut. Dengan begitu, air akan jatuh dan halusan jagung akan menjadi kering.

  • Wadah nasi

Wadah nasi dibutuhkan untuk meletakkan nasi jagung yang telah masak.

  • Piring

Tentu saja Anda membutuhkan piring untuk tempat makan. Anda bisa menggunakan piring yang terbuat dari kaca, kayu ataupun aluminium.

Langkah dan cara membuat nasi jagung

Berikut ini langkah dan cara mudah bikin nasi jagung yang bisa langsung Anda terapkan di rumah;

  • Jagung dipipil atau dipisahkan dari janggelnya menjadi biji-biji jagung lepas
  • Jagung dihaluskan menjadi butiran kecil seperti butiran beras. Pada tahap ini, jagung akan dipisahkan antara kotoran dan saripati jagung. Tentu yang akan diambil hanya saripatinya saja.
  • Sebelum digunakan, saripati jagung direndam terlebih dahulu kurang lebih selama 10 hingga 12 jam.
  • Bersihkan jagung yang telah direndam hingga benar-benar bersih.
  • Haluskan kembali saripati jagung menjadi seperti tepung dengan cara digiling. Anda dapat menggilingnya di tempat penggilingan yang biasa digunakan untuk menggiling beras, kopi, ketela dan lainnya.
  • Campur tepung jagung yang telah digiling dengan air atau istilahnya dipuyoni. Langkah ini bertujuan supaya tepung jagung tidak menggumpal.
  • Masak hingga matang.

Tips Cara Membuat Nasi Jagung Enak, Pulen dan Mekar

Nasi jagung paling enak disantap saat dalam keadaan hangat. Apalagi dihidangkan dengan lauk seperti ikan teri. Nikmatnya tiada tara. Kalau mau hasil nasi jagung tambah enak, berikut ini tips cara membuat nasi jagung enak, pulen dan mekar. Tidak hanya lebih enak, dengan menerapkan tips berikut ini, nasi jagung bikinan Anda akan lebih terlihat menggoda selera.

  1. Jagung perlu dijemur hingga benar-benar kering, agar nasi jagung dapat dinikmati dalam jangka waktu yang sangat lama.
  2. Biji jagung wajib digiling menjadi butiran kecil-kecil atau beras jagung.
  3. Pastikan jagung telah dicuci hingga bersih hingga tidak ada lagi kotoran atau jenjetnya sama sekali.
  4. Waktu perendaman terbaik untuk hasil nasi jagung dengan rasa terbaik adalah direndam kurang lebih 10 hingga 12 jam, mulai pukul 15.00 hingga 03.00. Rendaman pada rentang waktu tersebut akan memberikan hasil rasa yang lebih enak dari pada rendaman pada waktu pagi atau siang hari. Hal ini disebabkan karena udara malam yang dingin dapat lebih menggemburkan tekstur jagung yang keras menjadi empuk atau tidak keras.
  5. Untuk memastikan jenjet atau kotoran jagung bersih total, Anda perlu mencuci kembali setelah melakukan proses perendaman.
  6. Agar proses memasak jagung menjadi nasi matang merata dan sempurna, tepung jagung yang telah digiling dicampur dengan air.
  7. Setelah masak selesai, tepung jagung perlu dipisah-pisahkan lagi. Tujuannya agar nasi jagung tidak menggumpal.

Itulah cara mudah bikin nasi jagung beserta tips-tipsnya agar hasil olahan nasi jagung menjadi sempurna, pulen, enak, mekar dan lezat. Meskipun langkah-langkah tersebut membutuhkan waktu lebih dari semalaman, namun hasil yang akan didapat dapat membuat lidah Anda bergoyang manakala menyantapnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*