Inilah Manfaat Nasi Jagung untuk Diet dan Cara Memasak yang Baik

manfaat nasi jagung untuk dietSiapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal, sehat dan langsing? Semua pasti ingin. Itulah mengapa tidak heran rasanya jika banyak orang, terutama yang mengalami masalah dengan kegemukan dan berat badan berlebih tidak bisa jauh dari yang namanya diet. Apapun nama diet yang kini mungkin sedang Anda lakukan, tetap pilihlah diet yang sehat. Artinya diet tersebut tidak akan mengganggu sistem metabolism tubuh dan kesehatan Anda. Salah satu diet baik dan sehat adalah dengan mengkonsumsi nasi jagung. Faktanya memang ada beragam manfaat nasi jagung untuk diet yang bisa Anda pelajari dari tulisan di bawah ini.

Manfaat Nasi Jagung untuk Diet

Jagung bisa menjadi pengganti bahan pokok nasi. Jagung bisa diolah dengan banyak ragam cara, seperti direbus, dikukus atau dimasak seperti biasa Anda memasak nasi dari beras padi. Sudah bukan rahasia lagi jika jagung bisa menjadi makanan untuk Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan melalui diet. Meskipun jagung mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun jagung juga memiliki serat yang sangat baik untuk mendukung program diet yang sedang Anda jalankan. Berikut ini beberapa khasiat nasi jagung buat diet yang perlu Anda ketahui;

1. Tinggi akan kandungan serat

Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Serat dapat memberi makan bakteri baik dalam usus, sehingga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, serat juga dapat membantu pergerakan usus, sehingga memudahkan Anda untuk buang air besar. Dengan Anda buang air besar lancar, maka tidak ada kotoran yang mendekam di perut.

Makanan yang tinggi akan kandungan serat seperti jagung dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, tanpa harus menambahkan banyak kalori ke dalam tubuh Anda. Jadi benar jika serat memang baik untuk penurunan berat badan. Serat juga dapat memperlambat pengosongan isi lambung dan kerja pencernaan. Kedua hal ini sangat baik bagi tubuh Anda, karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.Terutama bagi Anda yang sedang diet, Anda perlu mengkonsumsi serat sebanyak 30 gram per hari agar dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini sesuai dengan hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Annals of Internal Medicine.

Tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, makanan yang tinggi serat seperti nasi jagung juga dapat menurunkan tekanan darah dan juga memperbaiki respon tubuh terhadap insulin. Secara mengejutkan, di dalam nasi jagung terdapat sebanyak 18.4% serat, sehingga dapat mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Termasuk mencegah Anda dari gangguan akibat kekurangan kebutuhan serat, seperti wasir dan sembelit.

2. Sebagai sumber energi

Meskipun sedang menjalani program diet, Anda tetap perlu memperhatikan asupan kalori. Salah satu khasiat nasi jagung adalah baik untuk diet. Hal ini dikarenakan di dalam setiap 100 gram nasi jagung terdapat kalori 345. Dengan takaran tersebut maka dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk kebutuhan energy harian Anda.

Rata-rata wanita membutuhkan asupan kalori sebanyak 2000 setiap harinya, sementara pria sebanyak 2500. Namun jika Anda sedang dalam masa diet, asupan kalori perlu dikurangi sebanyak 500 kalori setiap hari. Jadi, takaran kalori yang baik dikonsumsi bagi Anda wanita yang tengah diet adalah 1500, sementara pria 2000. Dengan pengurangan angka tersebut, hal tersebut dalam membantu Anda dapat menurunkan berat badan hingga 0,5-1 kg per minggu. J

Anda dapat mengganti konsumsi nasi beras dengan nasi jagung. Selain sebagai sumber energy, nasi jagung juga dapat melancarkan pencernaan, melancarkan buang air kecil dan sebagai antioksidan. Jadi benar jika mengkonsumsi nasi jagung sangat baik untuk kesehatan dan diet.

Cara Mengolah Jagung Menjadi Nasi untuk Diet

Berikut ini cara mengolah nasi jagung menjadi bahan makanan untuk diet;

  1. Pilih jagung kualitas baik, kemudian pipil atau giling kasar
  2. Pisah antara kulit dan biji jagung, kemudian giling untuk kedua kalinya hingga menjadi lembut seperti pasir
  3. Kukus jagung yang telah lembut tersebut hingga setengah matang
  4. Jemur beras jagung setengah matang tersebut di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering atau sekitar 2 hari (tergantung cuaca)
  5. Simpan bubuk beras jagung ke dalam wadah yang tertutup rapat. Anda dapat mengambilnya kapan saja sebagai bahan olahan menjadi nasi jagung.
  6. Jika ingin segera dimasak, rendam beras jagung terlebih dahulu sekitar 10 menit dan biarkan hingga mengembang
  7. Pindahkan ke dalam magic com, rice cooker atau masak seperti biasa Anda memasak beras dari padi.

Itulah beberapa langkah cara mudah mengolah jagung menjadi nasi untuk diet. Tidak sulit memang, sehingga Anda bisa segera mempraktekkan sendiri di rumah.

Makanan Pendamping Terbaik Nasi Jagung untuk Diet

Namun, karena tujuan mengkonsumsi nasi jagung ini adalah untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan agar tidak naik, maka lauk atau makanan pendampingnya pun harus yang baik untuk diet juga. Anda bisa memilih menu pendamping nasi jagung untuk diet berikut ini;

  1. Sup berbahan dasar sayur-sayuran atau buah-buahan
  2. Sayur kubis dan sawi putih kukus.
  3. Ikan dikombinasikan dengan jeruk, seperti jeruk bali atau jus jeruk
  4. Tempe atau tempe dikombinasikan dengan buah apel, pear atau anggur
  5. Sayur bayam, wortel dan kentang

Meskipun kegunaan nasi jagung untuk diet hanya dua, namun hasil yang akan didapat bisa sangat besar. Artinya jika Anda berani mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi jagung, maka impian Anda untuk dapat menurunkan berat badan dapat tercapai. Tentu dalam hal ini, Anda juga bisa perlu memperhatikan asupan makanan lainnya, termasuk juga menjalani pola hidup sehat dan jangan lupa olahraga yang cukup. Terutama olahraga yang dapat menyukseskan program diet Anda, seperti joging, bersepeda, lompat tali, angkat beban, dan lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*