Makanan untuk Penderita Diabetes Melitus Paling Baik

Makanan untuk Penderita Diabetes Melitus Paling Baik

Makanan untuk penderita diabetes melitus yang paling baik adalah dengan menghindari karbohidrat, atau diperbolehkan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dengan takaran yang dianjurkan dokter. Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi alkohol karena akan memperberat kerja organ hati yang bersama dengan pankreas memproduksi hormon insulin. Perbanyak minum air putih dan hindari susu berlemak.

Pada umumnya dalam makanan untuk penderita diabetes melitus, para penderita diabetes menganggap memakan makanan lunak seperti bubur dan lontong itu bagus. Padahal makanan yang sudah berubah dari wujud aslinya itu malah mempercepat proses pencernaan makanan dalam lambung sehingga mempercepat peningkatan kadar gula dalam tubuh. Penderita diabetes sangat dianjurkan memakan makanan yang rendah karbohidrat seperti beras merah, cereal dan nasi jagung (nasi ampok). Di pedasaan ketiga makanan tersebut banyak ditemukan, terutama nasi jagung yang sudah popular di kalangan mereka.

Saat ini nasi jagung sudah tersedia dalam bentuk instan yang cara memasaknya sangat mudah, hanya tinggal dimasukkan kedalam rice cooker seperti memasak nasi putih. Nasi jagung instan bisa bertahan 1 tahun bahkan lebih sehingga memudahkan penderita diabetes mencari dan mengolahnya.

Selain itu, penderita diabetes juga dianjurkan untuk dietatau diet sebagai kontrol terhadap penyakit dan agar tidak terjadi penyakit komplikasi. Adapun resep makanan untuk penderita diabetes adalah sebagai berikut:

makanan untuk penderita diabetes melitus

  1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sehat

Sumber dari karbohidrat sehat di antaranya adalah: sayuran, susu rendah lemak, buah-buahan, tepung dan kacang-kacang. Tapi semua itu juga harus berdasarkan resep dokter.

  1. Makanan Kaya Serat

Manfaat serat dapat membantu menurunkan kadar gula dan kolestrol dalam darah. Makanan yang banyak mengandung serat banyak terdapat dalam apel, wortel, buncis, jeruk, kacang polong, kangkung, daun ubi dan bayam. Takarannya, tubuh manusia membutuhkan 25-50 dalam setiap hari.

  1. Membatasi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh banyak terdapat pada mentega dan margarin. Dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh maka akan mengindarkan penderita dari jantung koroner dan stroke.

  1. Menghindari Makanan yang Berkolestrol Tinggi

Makanan seperti ini banyak terdapat pada jeroan dan kuning telur. Jika mengonsumsi makanan seperti ini efek negatifnya adalah memicu timbulnya penyakit jantung koroner dan stroke.

  1. Menambah Porsi Memakan Ikan

Makanan ikan mengandung lemak omega 3 yang berguna bagi kesehatan jantung, selain itu juga sebagai sumber protein pengganti telur dan daging. Tapi hindarilah penyajian dalam bentuk ikan goreng.

Demikianlah menu makanan untuk penderita diabetes yang sangat sangat baik diterapkan. Namun perlu diingat semua informasi di atas alangkah baiknya tetap sesuai dengan anjuran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *