Manfaat Nasi Jagung Instan Bagi Kesehatan dan Penderita Diabetes

Manfaat Nasi Jagung. Nasi jagung merupakan makanan khas orang Indonesia yang terbuat dari bahan dasar jagung yang telah dihaluskan. Nasi jagung ini sangat terkenal di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Flores, Sumbawa dan Pulau Timur. Alasan dibuatnya nasi jagung salah satunya adalah sebagai alternatif nasi putih, karena ada orang-orang tertentu yang tidak mengonsumsi nasi putih, di antaranya adalah orang yang terkena penyakit diabetes atau orang yang sedang menjalani program diet.

Kandungan Nutrisi dalam Nasi Jagung

Banyak orang tidak mengetahui, bahwa nasi jagung (nasi empok) mempunyai kandungan gizi lebih tinggi dari pada nasi putih, kandungannya yaitu:

Nutritional Value

Kandungan Gizi Jumlah gizi
Energi 150 Kcal
Karbohidrat 11,4 g
Serat 0,4 g
Lemak 0,6 g
Protein 6,8 g
Vitamin A 30 RE
Thiamin (Vit. B1) 0,07 mg
Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg
Niacin (Vit. B3) 60 mg
Vitamin C 3 mg
Kalsium 2 mg
Zat Besi 0,3 mg
Fosfor 47 mg

Fitonutrien Antioksidan

  • Anthocyanin, yaitu pigmen yang terdapat pada berbagai jenis tumbuhan yang bisa larut dalam air. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.
  • beta-karoten, yaitu untuk melindungi sel dari kerusakan
  • Asam caffeic, antioksidan yang dapat menghambat karsiogenesis, serta menjadi imunomodulator dan kegiatan antiinflammtory .
  • Asam coumaric, antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker
  • ferulic acid, antioksidan yang reaktif terhadap radikal bebas
  • lutein, yaitu senyawa xanthophylls yang memberikan pigmen kuning secara alami pada tanaman. Fungsinya adalah sebagai antioksidan yang efektif meningkatkan kepadatan optik dari pigmen makula pada mata.
  • Asam syringic, yaitu bahan kimia yang ditemukan dalam banyak tanaman dan makanan yang berfungsi sebagai suplemen untuk meningkatkan kinerja atletik, kelelahan, penurunan berat badan, kanker, HIV / AIDS, herpes, dan beberapa kondisi lainnya.
  • Asam vanilat, yaitu salah satu senyawa fenolic yang memiliki sifat sebagai antioksidan sebagai peredam radikal bebas
  • Asam protocatechuic, yaitu sejenis asam fenolic yang ditemukan dalam berbagai jenis tanaman yang berfungsi untuk menormalkan sel kanker
  • Zeaxanthin, merupakan salah satu karotenoid alkohol yang paling umum ditemukan di alam yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata.

Dari kandungan nutrisi yang terkandung di atas menjadikan jagung banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat nasi jagung bagi kesehatan dan penderita diabetes:

  1. Sumber energi

Kandungan kalori yang terdapat dalam nasi jagung berkisar 345 per 100 gramnya, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai alternatif penghasil energi dalam tubuh

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam nasi jagung dapat memenuhi sekitar 18.4% dari jumlah yang disarankan perharinya. Hal tersebut menjadikan nasi jagung sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berbagai gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membantu masalah buang air besar, yaitu dengan cara merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung dan empedu.

  1. Mengatasi keluhan diare

Kandungan serat dalam manfaat nasi jagung juga dipercaya mampu mengurangi kemungkinan Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan diare.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan lemak dan efek anti-aterogenik yang terdapat dalam manfaat nasi jagung dipercaya mampu menurunkan resiko gangguan kardiovaskular, yaitu dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan tersumbatnya arteri, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dalam sajian nasi jagung, juga terdapat kandungan beta-karoten yang merupakan sumber dari manfaat vitamin A. Kita mengetahui bahwa Vitamin A dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan resiko kanker

Kandungan serat dalam nasi jagung mampu menurunkan resiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, dalam nasi jagung juga kaya akan kandungan asam fenolik, yaitu senyawa ferulic yang menjadi agen anti kanker. Dimana senyawa ini telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam nasi jagung juga mampu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu penyebab kanker.

  1. Mencegah anemia

Kandungan manfaat zat besi dalam olahan jagung dapat membantu mencegah anemia, karena senyawa ini mampu membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan manfaat kalsium, fosfor, serta magnesium dalam dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengatur pertumbuhan tulang secara normal serta meningkatkan kekuatannya.

  1. Menjaga fungsi ginjal

Kandungan mineral seperti forfor dalam manfaat nasi jagung juga sangat penting untuk menjaga kinerja fungsi organ ginjal agar tetap dalam kondisi normal.

  1. Baik untuk wanita hamil

Kandungan lain dari nasi jagung adalah asam folat yang diketahui sangat penting bagi pertumbuhan janin. Karena jika seorang wanita yang sedang hamil mengalami kekurangan asam folat dapat berakibat cacat maupun penurunan berat badan saat bayi dilahirkan. Selain itu, mengkonsumsi nasi jagung juga dapat melancarkan produksi asi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan senyawa karotenoid yang terdiri dari luthein dan zeaxanthin yang memberikan pigmen warna kuning pada jagung sangat berguna untuk menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini akan menghindari katarak, maupun gangguan penglihatan lainnya.

  1. Melancarkan buang air kecil

Sifat diuretik yang terdapat dalam jagung dapat mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih, serta dapat mengobati asam urat dan mencegah gangguan batu ginjal.

Manfaat Nasi Jagung untuk Penderita Diabetes

Salah satu perbedaan nasi jagung dengan nasi putih adalah kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam nasi putih merupakan karbohidrat sederhana, sedangkan kandungan karbohidrat pada nasi jagung merupakan bentuk karbohidrat kompleks. Saluran pencernaan akan mencerna karbohidrat kompleks secara lambat. Hal ini bisa menyebabkan kadar gula dalam tubuh mengalami kenaikan secara lambat pula.

Hal ini bisa menyebabkan rasa kenyang dalam perut akan bertahan lebih lama, sehingga menjadikan karakteristik makanan yang terbuat dari jagung sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan juga orang-orang yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang berasal dari bahan  jagung dapat membantu dalam pengelolaan non-insulin dependent diabetes mellitus (NIDDM) dan efektif terhadap hipertensi karena adanya phytochemical fenolik di seluruh jagung. Senyawa fitokimia dalam jagung dapat mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh.

Manfaat nasi jagung di atas, didapatkan dengan proses pembuatan nasi ini tergolong sedikit rumit. Namun pada saat dulu, hal tersebut tak menyulutkan niat masyarakat untuk mengkonsumsi sebagai bahan makanan alternatif yang lebih murah. Hal yang perlu diperhatikan saat pengolahan nasi jagung adalah takaran air yang harus pas, karena jagung terkenal banyak menyerap air.

Sumber: http://manfaat.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *