SOLUSI PENYAKIT DIABETES MELITUS | 0823-3895-1126

SOLUSI PENYAKIT DIABETES MELITUS | 0823-3895-1126

Penyakit Gula Darah atau diabetes melitus (ada juga yang mengatakan diabetes militus) adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan hormon insuline dalam mengolah gula atau glukosa dalam darah. Penyebab utama adalah faktor keturunan dan faktor makanan.

diabetes melitus

PENYEBAB PENYAKIT DIABETES MELITUS

Penyebab diabetes tipe 1 : adalah karena menurunnya kekebalan tubuh. Sistem imun atau kekebalan yang seharusnya berfungsi melawan bakteri malah menyerang hormon insulin yang berperan mengontrol gula dalam darah. Karena gula tidak terkontrol maka gula menumpuk dalam darah menjadikan penyakit ini. Penyebab diabetes tipe 2 : adalah karena pankreas tidak bisa menghasilkan cukup insulin untuk mengolah darah dalam darah. Penyebab gestational diabetes : pada saat kehamilan plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini tidak boleh berlebih dan harus dikendalikan oleh insulin. Namun pankreas tidak mampu menghasilkan insulin sehingga glukosa menumpuk.

CIRI-CIRI ATAU TANDA-TANDA PENYAKIT DIABETES MELITUS

Dalam dunia media, ketika seseorang mendapati tanda-tanda penyakit diabetes melitus atau gejala penyakit diabetes (penyakit gula) maka alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau Puskesmas terdekat. Gejala atau tanda-tanda tersebut di antaranya:

  1. Sering buang air kecil. Hormon insuline tidak dapat mengolah kelebihan gula dalam darah sehingga gula langsung diteruskan ke ginjal dan dikeluarkan melalui air kecil atau air seni.
  2. Banyak minum. Air yang dikeluarkan oleh tubuh terlampau banyak sehingga menyebabkan penderita merasa haus dan terus selalu ingin minum.
  3. Berat menurun. Tubuh tidak mampu memproses gula dalam darah sebagai sumber energi dan asupan nutrisi untuk otot tubuh. Gula atau glukosa dikeluarkan tanpa pengambilan sari-sari makanan terlebih dahulu. Meskipun nafsu makan normal atau berlebih namun berat badan menurun.
  4. Mudah lelah. Penderita tampak kelelahan dan kurang energi karena glukosa tidak mampu diolah oleh tubuh.

CARA MENCEGAH DAN MENURUNKAN GULA DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS

Pencegahan dan penurunan gula darah dapat dilakukan melalui pola hidup sehat. Makanan makanan yang rendah kalori dan lemak, membiasakan berolah raga setiap hari, dan menjaga berat badan agar selalu ideal.

Buah yang aman untuk penderita diabetes melitus di antaranya buah kiwi, plum, apel, aprikot, buah berry, nanas, belimbing, anggur, mangga, jerus, pir, pepaya, cherry, semangka, buah persik, melon, buah ara/tin, tomat dan buah naga.

Adapun makanan yang baik dijadikan sebagai sumber karbohidrat yaitu gandum, beras merah, ubi jalar dan jagung. Namun yang terpopuler makanan untuk penderita diabetes melitus adaah makanan yang terbuat nasi jagung, karena mudah didapat dan sekarang sudah dijual bebas beras jagung atau nasi jagung instan siap saji dengan harga ekonomis. harganya hanya 15.000/kg langsung menghubungi: 0823-3895-1126 (SMS/WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *