diet cepat dengan nasi jagungDiet merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan agar badan terlihat lebih cantik dan menarik. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba diet cepat dengan nasi jagung. Diet alami dengan mengonsumsi nasi jagung merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan namun tetap membuat badan dalam kondisi yang sehat. Belum banyak orang yang mengetahui jenis diet ini, padahal pola diet dengan mengonsumsi nasi jagung memberikan banyak manfaat.

Jagung merupakan salah satu jenis makanan yang mudah diperoleh dan seringkali dijadikan sebagai pengganti nasi putih ketika menjalani diet. Kandungan nutrisi pada jagung sangat baik bagi tubuh. Selain itu indeks glikemik jagung yang rendah yaitu hanya 55-60, sangat cocok sebagai menu makanan yang baik dan sehat untuk diet karena rendah kalori dan tersusun dari karbohidrat kompleks. Sebaiknya jagung disajikan degan cara direbus atau dikukus begitu saja tanpa menambahkan bumbu lain agar lebih sehat. Salah satu bentuk olahan jagung adalah nasi jagung.

Dengan memakan nasi jagung dapat membuat pola makan menjadi sehat. Karbohidrat kompleks pada nasi jagung akan dicerna secara lambat dan perlahan oleh sistem pencernaan sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.. Agar diet Anda dapat berjalan baik tanpa perlu menyiksa diri, nasi jagung ini dapat digunakan untuk alternatif pengganti nasi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa harus bersusah payah melakukan diet ekstrim.

Cara Diet Cepat dengan Nasi Jagung

Bagi Anda yang ingin mencoba diet menggunakan menu nasi jagung namun bingung bagaimana cara membuatnya, berikut adalah cara pengolahan nasi jagung menjadi bahan makanan untuk diet yang dapat Anda coba.

  • Pilih jagung kering dengan kualitas baik
  • Pipil dan giling kasar jagung tersebut untuk memisahkan antara kulit dan bijinya
  • Selanjutnya giling kembali jagung yang sudah terpisah dari kulitnya tersebut hingga berbentuk seperti pasir
  • Kukus gilingan jagung yang berbentuk pasir itu hingga setengah matang
  • Jagung yang sudah setengah matang tersebut selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari kurang lebih dua hari, atau hingga jagung kering tergantung cuaca saat itu
  • Simpan bubuk jagung yang sudah kering tersebut ke dalam wadah yang tertutup rapat agar awet
  • Ketika Anda ingin memasaknya, silahkan ambil bubuk jagung tersebut dan rendamlah sekitar 10 menit di dalam air hingga mengembang
  • Setelah itu pindahkan ke dalam rice cooker dan masak seperti memasak nasi menjadi nasi putih
  • Nasi jagung siap dihidangkan.

Selanjutnya nasi jagung tersebut dapat digunakan sebagai salah satu menu diet.

Cara Melakukan Diet dengan Nasi Jagung

Berikut adalah panduan diet cepat dengan nasi jagung yang dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dengan syarat dilakukan secara rutin selama satu minggu.

Hari pertama

Pada hari pertama Anda bisa menambahkan sup berbahan dasar vegetarian ataupun non vegetarian sebagai pelengkap nasi jagung. Sebaiknya jangan tambahkan garam ke dalam sup tersebut.

Hari kedua

Untuk hari kedua, Anda bisa mengonsumsi sayuran seperti kubis atau sawi putih yang diolah dengan cara direbus, kukus atau ditumis namun jangan di goreng

Hari ketiga

Hari ketiga, Anda bisa menambahkan lauk pauk ikan untuk disantap bersama nasi jagung. Tambahkan berbagai buah jeruk, seperti jeruk bali atau jus jeruk sebagai pelengkap menu di hari ketiga ini.

Hari keempat

Pada hari keempat, nasi jagung ini dapat disantap dengan lauk tempe atau tahu. Lengkapi juga dengan mengonsumsi apel, pear atau anggur sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama

Hari kelima

Tambahkan tiga komponen sayur yang sangat penting saat diet yakni wortel, bayam dan kentang yang bisa disantap bersama dengan nasi jagung

Hari keenam

Dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih dalam satu hari bersamaan dengan makan nasi jagung untuk membuat perut kenyang lebih lama. Air putih ini juga berfungsi untuk membuang toksin dalam tubuh.

Hari ketujuh

Pada hari terakhir yaitu hari ketujuh ini, Anda dapat mengonsumsi apapun makanan kesukaan Anda namun tetap dengan porsi yang secukupnya saja.

Manfaat Diet Cepat dengan Nasi Jagung

Mengonsumsi nasi jagung sebagai menu diet memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat melakukan diet cepat dengan nasi jagung.

Sumber energi bagi tubuh

Jagung dapat digunakan sebagai sumber energi yang dibutuhkan sehari-hari oleh tubuh karena dalam 100 gram jagung mengandung 125 kalori sehingga mampu membuat tubuh tetap terjaga dan kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karbohidrat kompleks pada jagung juga dapat membuat rasa kenyang lebih lama karena dicerna secara perlahan oleh sistem pencernaan sehingga sangat cocok bagi program diet. Anda bisa mengonsumsi nasi jagung pada setiap waktu makan.

Memenuhi serat pangan

Manfaat diet cepat dengan nasi jagung berikutnya adalah mampu memenuhi serat pangan bagi tubuh. Nasi jagung memiliki kandungan serat yang diperlukan oleh tubuh, serta mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi putih sehingga sangat baik dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari terutama bagi penderita diabetes. Serat larut yang terkandung pada nasi jagung bisa meningkatkan konversi kolesterol dalam darah menjadi asam empedu di dalam hati. Serat ini juga mampu mengikat kolesterol yang selanjutnya disekresikan melalui feses sehingga penyerapan kolesterol di dalam usus akan menurun. Kandungan serat yang tinggi pada nasi jagung ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit IBS (Irritable Bowel Syndrome) serta diare.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Resiko penyakit kardiovaskular juga dapat dikurangi dengan cara mengonsumsi nasi jagung. Kandungan lemak baik serta anti aterogenik pada nasi jagung dapat mengurangi produksi kolesterol berlebih pada tubuh sehingga mampu mencegah gangguan penyumbatan arteri, peningkatan tekanan darah, resiko serangan jantung serta stroke dapat dihindari dengan melakukan diet cepat dengan nasi jagung ini. Lemak pada nasi jagung juga mengandung PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) yang sangat baik bagi penderita kardiovaskular termasuk hipertensi. Jadi selain berfungsi untuk menurunkan berat badan, Anda bisa sekaligus terhindar dari penyakit kardiovaskular ini.
Lakukan diet cepat dengan nasi jagung ini sebagai solusi untuk membuat Anda lebih sehat dan mendapatkan badan lebih proporsional secara cepat. Jangan lupa imbangi dengan olahraga rutin agar badan menjadi lebih bugar.